Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Apa sih itu Teknologi ?

Siapa yang belum tahu teknologi ? ngaku !
yang belum tahu berarti manusia purba....! ayo ngaku
Penjelasanya adalah teknologi berasal dari berasal dari kata "Techne" dalam bahasa Romawi kuno yang artinya serangkaian prinsip . Teknologi telah berkembang dengan sangat pesat lebih dari 200 tahun terakhir, hebat kan oleh karena itu perkembangan manusia tak luput dari sasaran Teknologi.

Teknologi di Indonesia telah berkembang sejak zaman manusia purbakala dan sampai sekarang pun tanpa kita sadari  teknologi masih terus berkembang tanpa batas seiring waktu berjalan di tiap sekon, oleh karena kita harus bijak dalam menggunakan teknologi dan mengiringi perkembanganya, karena teknologi memberikan kita kemudahan dalam berbagai hal yang bisa menjadi positif maupun negatif.



Contoh Positif dari Penggunaan Teknologi
Belajar dengan internet lebih mudah dan menyenangkan. 

Murid murid SMP bahkan SD saja sudah memiliki laptop atau komputer yang telah mendongkrak standar pembelajaran yang lebih tinggi dikarenakan dampak positif teknologi yakni memberikan pengetahuan yang luas terhadap manusia hanya dengan sekejap mata. itulah indahnya teknologi, segala jenis ilmu dapat kita pelajari kalau kita menggunakan dengan langkah yang bijak.
Dalam hal komunikasi teknologi juga berperan penting lho contohnya Facebook hampir semua orang punya akun facebook yang berguna untuk mendekatkan persaudaraan yang terbatas oleh jarak.
saya pun juga pernah merasakan manfaat facebook contohnya seperti saat kakak saya pergi ke luar negeri ^^ saya masih tetap bisa terhubung karena adanya teknologi facebook jadi walaupun ditinggal satu tahun tetapi terasa hanya satu bulan.
Tak sampai disitu teknologi juga sangat bermanfaat dalam bidang ekonomi, yakni memasarkan produk kita di mata dunia dengan kemudahan berinternet.


Contoh Negatif Penggunaan Teknologi

Di Indonesia penggunaan teknologi berkembang sangat pesat, namun perkembangan teknologi tidak diringi pengawasan yang baik.
Contohnya saja HP, hampir semua orang memiliki HP begitu juga dengan anak kecil.
Sekarang anak dari SD bahkan TK sudah dapat mengoperasikan HP, mungkin anda pikir ini hal yang baik karena standar pembelajaran teknologi sudah dimulai dari usia dini. Tapi itulah dampak negatifnya.

Bahaya Radiasi HandPhone (sumber)
Tahu Gak Sih ? Handphone atau sering disebut HP merupakan alat komunikasi jarak jauh yang pastinya dapat memancarkan radiasi yang berbahaya bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang, apalagi jika yang menggunakan HP adalah anak anak, jika pemakaian dalam jangka panjang terus menerus hal ini dapat menimbulkan penyakit yang ganas dan sangat berbahaya.
Radiasi Handphone yang berlebihan dapat megakibatkan penyakit yang berbahaya seperti Kanker, Tumor otak dan mungkin dapat mengakibatkan penyakit yang lebih berbahaya, hal ini sudah terbukti.

Belum lagi kalau anak kita suka mengakses situs situs yang tidak layak bagi bangsa indonesia, karena kemudahan dalam pemanfaatan teknologi informasi pasti hal itu tidak kita inginkan bukan, karena dapat merusak pikiran dan akhlak anak kita.
coba bayangkan jika generasi penerus bangsa kita tidak memiliki akhlak yang baik,apa jadinya ? bisa hancur bangsa kita.

Oleh sebab itu alangkah baiknya kita dapat mengawasi penggunaan teknologi dengan baik dan selalu mendekatkan diri kepada tuhan yang maha Esa.


Mari Manfaatkan Teknologi Digital Untuk Majukan Indonesia
Tak hanya itu teknologi juga dapat kita gunakan untuk mendobrak harga diri bangsa kita menjunjung tinggi harkat dan martabat negara kita tersayang negara Indonesia.
Apa kita tidak malu dihina bangsa lain katanya negara ini itu lebih hebat dari Indonesia, Ayo semangat Indonesia pasti bisa asalkan kita mau untuk maju mengalahkan seluruh tantangan yang jadi masalah.
Tak perlu takut ataupun malu.
kita dapat memanfaatkan teknologi yang kita punya agar bisa mengangkat martabat bangsa.

Contohnya saja komputer hampir semua orang sudah tahu komputer dan mungkin sudah memilikinya, dengan modal komputer kita dapat membuat banyak hal contohnya merancang bangunan 3D dengan Google Sketch Up.

Pengalaman kakak kelas saya, ia pernah memamerkan hasil rancangan perumahan di blognya. Dan apa yang terjadi ? 
Sketsa tersebut laku dengan harga 12 juta waw.........!
coba bayangkan, mungkin anda hanya butuh waktu satu atau dua minggu untuk merancangnya dan dalam sekejap laku dengan harga fantastis.

Mungkin anda berpikir,
"saya kan orang awam, tidak bisa merancang sebuah bangunan"
jangan takut sekarang kemudahan teknologi dimana mana, anda bisa belajar melalui internet. Saya yakin jika anda ingin anda pasti bisa.


Atau mungkin jika anda seorang gamers jangan hanya main game tapi bagaimana agar kita dapat membuat game yang baik dengan harga jual tinggi sehingga dapat mendongkrak perekonomian keluarga anda dan juga membuat bangga bangsa Indonesia.
Anda dapat menggunakan software Milk Shape, ataupun software lain untuk membuat sketsa game seperti Counter Strike yang merupakan salah satu gane yang paling populer saat ini.
Toko Online 
Kalau anda masih merasa hal diatas masih sulit dilakukan anda juga bisa memulai dari yang sederhana yaitu membuat Blog. sekarang sudah banyak tutorial atau langkah langkah dalam merancang blog yang baik jadi tak perlu takut.
Dengan Blog kita dapat berbagi segalanya mulai dari kisah hidup dan dapat mengenalkan budaya daerah kalian di mata dunia, dalam Blog kita juga dapat membuat toko online yang pastinya akan lebih menguntungkan anda.

Al Qur'an dan Teknologi

Didalam Al Qur'an juga dijelaskan pentingnya menuntut ilmu dan teknologi bagi manusia seperti yang difirmankan Allah SWT dalam ayat ayat berikut:


Qur'an surat Yunus ayat 101

: “Katakanlah: “Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman. ” (QS Yunus : 101)


Dalam ayat tersebut difirmankan untuk semua manusia untuk memperhatikan dengan mata kepala mereka dengan akal sehat mereka. segala yang ada di langit dan bumi. merenungkan keajaiban langit dan bumi betapa luasnya alam semesta ini tak akan pernah habis untuk dipelajari itulah mengapa teknologi terus berkembang walau telah beribu ribu tahun lamanya, dan didalam semua hal tersebut merupakan salah tanda tanda kebesaran Allah SWT.


Mari kita terus belajar dan terus belajar tanpa melupakan siapa yang menciptakan ilmu, karena orang yang beriman akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT dan orang yang berilmu beberapa derajat.


Pengalaman Bersahabat Dengan Teknologi.
Saya adalah seorang anak bungsu dari empat bersaudara, itu salah satu keuntungan bagi saya, karena saya dapat belajar banyak hal dari kakak kakak saya yang telah berpengalaman.
Suatu hari saat akan perpisahan kakak kelas saya, guru memberi tugas pada setiap kelas untuk membuat suatu produk, mulai saat itulah saya mulai berfikir untuk membuat suatu program komputer yang sekaligus melestarikan budaya Indonesia.
Saya pun memutuskan untuk membuat program kamus, karena di daerah tempat saya tinggal yakni kota Banyuwangi memiliki sebuah bahasa daerah yang khas yakni bahasa Using.

Berbekal sebuah laptop dan Modem saya pun siap berjuang ^^
Pertama saya pikir membuat program kamus itu mudah tinggal masukan database lalu gak tahu ke gimana lagi.

Saya pun berjanji pada teman teman akan membuat sebuah program kamus, tapi saat saya berada dalam tahap pembuatan sekitar 50% saya pun bingung karena saya harus menggunakan program visual basic untuk merancang kamusnya, apalagi harus membuat codenya.

Berhari hari saya browsing di internet mencari code code visual basic, saya pun hampir putus asa karena tinggal 2 hari lagi program kamus tersebut harus dipresentasikan dihadapan para wali murid.
saya pun hampir putus asa, tetapi Allah mendengar doaku.
setelah browsing di internet 2 hari dua malam lembur saya pun menemukan sebuah situs yang mengajari saya bagaimana coding visual basic.

Akhirnya setelah berjuang demi melestarikan budaya Indonesia saya pun berhasil merampungkan program tersebut tepat waktu. ^^

Saya berhasil membuat software Kamus Bahasa Using (Banyuwangi) dan hebatnya lagi saya adalah orang pertama yang membuat kamus bahasa Using, tidak ada guru yang mengajari saya, disekolah pun pastinya masih belum ada karena saya masih kelas 7 SMP.
softaware tersebut pun meraih kesuksesan di blog saya, sejak pertama mempublikasikanya software tersebut telah menjadi software terlaris di blog saya dan juga menjadi top posting.
Sejak saat itulah saya Faizol Akbar seorang murid yang dikenal biasa biasa saja di sekolah, tetapi saya berhasil membuktikan bahwa kita bisa kalau kita mau berjuang.
Mulai saat itu saya menjadi anak yang terkenal disekolah karena telah mengharumkan nama besar sekolah saya yakni SMPN 1 Banyuwangi dan juga membanggakan kedua orang tua saya dan pastinya saya sendiri.
Kamus indonesia Using buatan saya


Kita semua pasti bisa asalkan ada minat dan usaha yang keras, semua orang memiliki potensi didalam dirinya yang menuggu untuk dikembanggakan untuk menjadi luar biasa.


Bukan jamanya lagi bermalas malasan sekarang adalah waktunya menjadi orang yang produktif untuk membanggakan negara tercinta Indonesia


Misi dari artikel ini adalah

  1. Bermanfaat (helpful)
  2. Menginspirasi (inspire)
  3. Penyemangat (encourage)

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan dapat menginspirasi anda
Ayo semangat waktunya membangun Indonesia produktif ^_^

Indonesia pasti bisa.

Artikel ini saya buat untuk mengikuti kompetisi yang dipersembahkan oleh
Komunitas Ngawur.
Pusat Teknologi.
Blogger Nusantara.


                               


Referensi :
hbis.wordpress.com/tuntunan-al-quran-pada-ilmu-pengetahuan-dan-teknologi/
www.wikipedia.org

Sumber gambar :
www.tksdmodelsleman.sch.id
info-kesehatan.net
metroweb.co.id



Artikel Terkait:


4 komentar to "Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia"

Posting Komentar

jika ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin dikatakan silahkan komentar

Faizol Akbar. Diberdayakan oleh Blogger.

Google Plus

Followers

Popular Posts

ans!!